Uncategorized

Batuk dan resep jus untuk pengobatannya

Batuk  dan  resep jus  untuk  pengobatannya,

Batuk pastinya suatu hal yang tak asing lagi kan bagi kita dan tak mungkin ada orang yang belum pernah mengalami yang namanya batuk. Nah di postingan kali ini dare mecin akan membahas tentang batuk ya. Batuk sendiri  dapat ditahan atau dipaksakan, tetapi biasanya terjadi secara otomatis dan tiba-tiba. Batuk adalah keluarnya udara dari paru yang membuat bunyi itulah. Batuk yang terjadi bukan selalu menandakan sakit, tetapi juga untuk membuang lendir atau kotoran yang sudah menumpuk di saluran napas. Jadi batuk biasa itu juga berfungsi untuk membantu cilia (bulu pengering) selaput udara. Nah dapat dikatakan bahwa batuk merupakan alat pelindung untuk membuat saluran udara terbuka.
Mekanisme terjadinya batuk terdiri dari tiga fase yaitu fase inspirasi, fase kompresi dan fase ekspirasi. Batuk berawal dari terjadinya inhalasi sejumlah udara, sehingga glotis akan menutup dan tekanan di dalam paru akan meningkat yang akhirnya diikuti dengan pembukaan glotis secara tiba-tiba dan ekspirasi sejumlah udara dalam kecepatan tertentu. Fase inspirasi dimulai dengan  waktu inspirasi singkat dan cepat dari sejumlah besar udara, pada saat ini glotis secara refleks sudah terbuka. Volume udara yang diinspirasi sangat bervariasi jumlahnya, berkisar antara 200 sampai 3500 ml di atas kapasitas residu fungsional. Penelitian lain menyebutkan jumlah udara yang dihisap berkisar antara 50% dari tidal volume sampai 50% dari kapasitas vital. 
Setelah melalui fase inspirasi, maka mulailah fase kompresi dimana glotis akan tertutup selama 0,2 detik. Pada masa ini, tekanan di paru dan abdomen akan meningkat sampai 50 ­ 100 mmHg. Tertutupnya glotis merupakan ciri khas batuk, yang membedakannya dengan manuver ekspirasi paksa lain karena akan menghasilkan tenaga yang berbeda. Tekanan yang didapatkan bila glotis tertutup adalah 10 sampai 100% lebih besar daripada cara ekspirasi paksa yang lain. Di pihak lain, batuk juga dapat terjadi tanpa penutupan glotis. Kemudian, secara aktif glotis akan terbuka dan berlangsunglah fase ekspirasi. Udara akan keluar dan menggetarkan jaringan saluran napas serta udara yang ada sehingga menimbulkan suara batuk yang kita kenal. Arus udara ekspirasi yang maksimal akan tercapai dalam waktu 30­50 detik setelah glotis terbuka, yang kemudian diikuti dengan arus yang menetap.
Batuk yang berkepanjangan terkadang dapat menggangu  aktivitas kita sehari-hari ya. Bahkan batuk yang dialami dalam waktu lama merupakan  tanda dari suatu penyakit berbahaya dan harus di tanggani dengan intensif. Banyak cara untuk menanggani batuk seperti meminum obat yang di jual di warung ataupun bisa menghubungi dokter dan berkonsultasi. Namun selain itu ada juga cara alami untuk sembuh dari batuk salah satunya meminum jus, dengan cara meminum jus 3 kali sehari yaitu Pagi, siang dan malam. Adapun resep jus untuk menanggani batuk ialah:
Pagi: Jeruk lemon ½ gelas dan radish (lobak merah) 1 biji
Siang: Wortel 1 gelas, bayam ½ gelas
Malam: Wortel 1 gelas, bit 1/3 gelas, timun 1/3 gelas
Berkumur dengan air jeruk sangat menolong untuk menormalkan batuk.
okey sekian postingan Batuk  dan  resep jus  untuk  pengobatannya dare kali ini, semoga resep jusnya dapat diaplikasikan dan bermanfaat ya. Nah yang lagi batuk  dare mecin doa’in semoga cepat sembuh dan semoga artikelnya bermanfaat yaa .. 😀
Referensi:
Juni 2011 – From: www.itokindo.org (free pdf – Manajemen Modern dan Kesehatan Masyarakat)
Yoga Aditama T. Patofisiologi Batuk. Jakarta : Bagian Pulmonologi FK UI, Unit Paru RS Persahabatan, Jakarta. 1993.
Bagikan :

4 thoughts on “Batuk dan resep jus untuk pengobatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *