Uncategorized

Bersama UNTAN Membangun Negeri

 

  gambar: Lola Prianti

Bersama UNTAN membangun Negeri. Bicara tentang membangun negeri, ada baiknya kita berbicara tentang pendidikan. Masih ada sebagian orang yang menganggap pendidikan itu bukanlah suatu hal penting, apalagi nantinya mau tak mau kerjanya juga ada di dapur. Menurut seorang tokoh terkenal di dunia Nelson Mandela mengatakan Pendidikan adalah senjata paling mematikan karena dengan itu Anda dapat mengubah dunia.  Oleh karena itu pendidikan sampai tingkat perguruan tinggi sangatlah penting untuk membangun negeri.

Sebagai universitas negeri satu-satunya di Kalimantan Barat, Untan mestinya memiliki sumbangsih yang tinggi dalam usaha untuk membangun negri karena dengan status universitas negri yang dimilikinya membuat banyak orang yang berusaha masuk ke universitas ini. Jumlah mahasiswa yang tercantum dalam website Universitas Tanjungpura di tuliskan ada sebanyak 30.687 mahasiswa yang ada di jurusan universitas Tanjungpura. Untan sendiri memiliki 9 fakultas (fakultas Hukum, Fakultas ekonomi, fakultas pertanian, fakultas teknik, fakultas ilmu sosial dan ilmu pemerintahan, fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,fakultas Kehutanan, fakultas Matematika dan IPA, Fakultas Kedokteran) dan terdiri dari 96 Program studi. Dengan pembagian 6 Diploma, 63 S1, 22S2, 2 S3 dan 3 profesi.

Sejarah singkat Universitas Tanjungpura? 

Universitas Tanjungpura atau lebih sering di sebut dengan Untan merupakan universitas yang didirikan pada tanggal 20 mei 1959 dengan nama awal yang dikenal dengan Universitas Daya Nasional  di bawah naungan yayasan perguruan tinggi daya nasional sebagai universitas swasta pada mulanya.  

Selanjutnya, status Universitas Daya Nasional berubah menjadi Universitas Negeri Pontianak berdasarkan surat keputusan Menteri PTIP Nomor 53 tahun 1963 pada tanggal 16 mei 1963 ata yang lebih di kenal dengan tanggal 20 mei 1963 dengan nama Universitas Negeri Pontianak. Pada tahun 1965 nama universitas kembali berubah menjadi Universitas Dwikora,  dan kemudian nama itu berganti lagi menjadi Universitas Tanjungpura (Untan) pada tahun 1967 berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 171 tahun 1967. 
 Sumber:http://www.untan.ac.id
Letak Universitas Tanjungpura kota pontianak, kalimantan barat. Terletak di tengah kota Pontianak yang di kenali dengan adanya Tugu Digulis  sebagai tanda yang  berada di tengah kampus ini. Jika berkunjung ke Universitas Tanjungpura saat ini maka akan dilihat lalu lalang para pekerja bangunan, karena saat ini Universitas ini sedang melaksanakan pembangunan besar-besaran untuk meningkatkan kualitas kampus ini.

Selain itu Universitas negeri di Pontianak ini saat ini sedang aktif-aktifnya meningkatkan Akreditasi universitas Tanjungpura, dalam informasi yang kami dapat di website untan akreditasi C di univ ini sebanyak 67,7%, B 30,2% dan sisanya adalah akreditasi A. Tetapi pada tahun 2018 ini sudah banyak jurusan di Untan yang sedang dalam proses akreditasi prodi dan semoga hasilnya meningkat ya teman-teman mahasiswa Untan. Seperti contoh ialah pada fakultas bungsu yang ada di Universitas ini yaitu Fakultas Kedokteran yang awalnya hanya memiliki akreditas C pada semua prodinya saat ini hanya tinggal 1 program studi yang masih memiliki akreditas C dan sedang dalam proses penilaian akreditas, Untuk jurusan lain nya di fakultas kedokteran saat ini sudah mendapat nilai B.

Bersama UNTAN Membangun Negeri

Bagaimana cara mendaftar di Untan?

Ada beberapa cara untuk Pendaftaran Untan sendiri, yang antara lain ialah Penerimaan mahasiswa baru Untan jalur  Nasional seperti Pendaftaran jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) yang dimana jalur seleksi hanya di peruntukkan bagi siswa siswi yang akan lulus di tahun pendaftaran dan dilakukan secara online. Selain SNMPTN ada juga jalur pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) yang dimana jalur seleksi masuk PTN yang diperuntukkan  bagi calon peserta yang telah lulus SMA/sederajat selama 3 tahun.


Selain Jalur Nasional, ada juga pendaftaran mahasiswa baru jalur Seleksi mandiri Untan. yang di mana calon peserta yang tidak lulus atau tidak memenuhi syarat dua jalur sebelumnya maka bisa mengikuti jalur seleksi mandiri Untan ini.  Pendaftaran ini terdiri dari pendaftaran untan gelombang 1 dan pendaftaran untan gelombang 2.

gambar: Lola Prianti

Mahal gak sih biaya kuliah di Untan? 

Untuk Biaya kuliah Untan saat ini diberlakukan dengan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dimana sudah berlaku sejak tahun 2013. Dengan sistem UKT ini mahasiswa/i yang terdaftar di Untan membayar uang kuliah sesuai jumlah penghasilan yang di terima oleh orang tua mahasiswa/i. Adapun kelompok kelompoknya mulai dari UKT 1 (Rentang penghasilan Rp 0-500.000), UKT 2 (Rentang penghasilan Rp 500.000-1.000.000), UKT 3 (Rentang penghasilan Rp 1.000.00-1.500.000) UKT 4 (Rentang penghasilan Rp 1.500.000-2.000.000) dan terakhir kelompok UKT 5 (dengan penghasilan lebih dari Rp. 2.000.000).


Pada umumnya UKT 1 dan 2 memiliki harga yang sama untuk semua program studi namun untuk biaya UKT 3-5 bervariasi tergantung program studi. Jangan khawatir untuk biaya, di Untan juga banyak beasiswa yang informasinya mudah untuk di dapatkan. Seperti yang kami dapat di web simalum untan yaitu beasiswa bidikmisi, beasiswa dari Bank Indonesia, beasiswa pemda sekadau dan beasiswa pemda kayong, beasiswa untan mandiri, PPA dan BBM serta masih banyak beasiswa lain yang bisa kalian tanyakan saat menjadi mahasiswa di Untan.

Nah bagaimana untuk calon mahasiswa baru sudah siapkah bergabung menjadi warga Untan? dan sudah siapkah menjalani pendidikan dbersama UNTAN untuk membangun Negeri? Yuk daftar di Untan tahun ini. Selain itu untuk pengembangan diri mahasiswa untan, banyak sekali loh organisasi dan Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di Untan. Mulai dari UKM yang berbau Olahraga, beladiri, Menulis, bahkan pengembangan usaha ada di Universitas ini. Selain itu juga ada yang event event seru loh di kampus ini, dan juga ada event pertukaran mahasiswa yang juga banyak di ikuti oleh mahasiswa di Untan. Jadi kita bisa mengembangkan diri sejak Bersama UNTAN Membangun Negeri
Sumber bacaan : 
http://www.untan.ac.id
wikipedia

Bagikan :

1 thought on “Bersama UNTAN Membangun Negeri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *