Uncategorized

[even report] Seminar Sociopreneur untuk Kalbar

saat sibuk-sibuk nya kegiatan perkulihan anak kesehatan di akhir semester ,waktu kosong kuliah itu kayak hadiah terindah yang bisa di dapat. Tapi.., tapi karna udah terlanjur basah kekampus kalau balik dengan percuma itu kayak nelayan yang berjuang bangun pagi dan saat pulangnya tanpa membawa apa-apa ..  (*ngomong apa sih). Nah maka dari itu dare ikut seminar tentang sociopreneur yang diadakan oleh pihak UNTAN secara gratis.Ok postingan kali ini dare mau ceritain tentang pengalaman dare ikut seminar ini.

poster seminar sociopreneur untuk kalbar
 sumber foto: Official Akun Line  dari BEM Fakultas Kedokteran UNTAN

  di kesempatan seminar ini kami mahasiswa diajarkan untuk mengenal usaha yang dimana usaha itu bukan hanya berguna untuk diri sendiri tapi juga berguna untuk orang lain, seperti bisa membuka lowongan kerja dan membantu mengurangi angka pengangguran di Kalimantan Barat. 
photo ke 3 pemateri dan moderatornya
  yang merupakan orang -orang yang berasal dari untan ( Alumni)
 
pemateri pertama dari
IFahrurrazi, SE owner dari sang bintang school , penggagas kampung jenius dan ketua pusat inkubator bisnis FEB UNTAN 
pada saat pemateri pertama menyampaikan materi hal yang bisa di pelajari adalah dari  mereka yang ndak punya modal hanya bermodalkan uang patungan sekitar 600 ribu yang menjadi modal awal ia untuk membuat sekolah meskipun begitu ia tidak lupa untuk membantu orang lain seperti membuat program beasiswa untuk anak yang tidak mampu dan unik program beasiswa ini bukan untuk anak-anak yang dianggap pintar di sekolahnya. Tetapi untuk anak yang dikenal tidak memiliki prestasi yang baik di sekolahnya. Karna ia menganggap anak yang sudah pintar buat apa mendapatkan program beasiswa nya lagi. Hal yang menarik lagi adalah ia memulai program beasiswa ini bukan saat program atau usaha yang ia jalankan sudah terkenal melainkan saat ia juga sedang memperjuangkan usahanya. Saat ini telah 400 program beasiswa yang di berikan dan bintang school (sekolah yang di buatnya) telah memiliki cabang di beberapa daerah.
Wah saat itu dare jadi belajar nih teman-teman jangan takut untuk berbuat kebaikan untuk orang lain walaupun kitanya sedang dalam masa-masa sulit berjuang (udah bijak belum dare mecin *eh).
Indra Noviansyah SE, MM Penggiat komoditas sampah menjadi komoditas ekspor dan merupakan staf pengajar di Podomoro University & Sampoerna university
nah kalau dari pemateri yang kedua ini menyebut dirinya tukang sampah. Dari kecil sudah memungut sampah-sampah plastik yang betebaran di sekitaran sungai kapuas dan menjual kembali, ia senaang telah melakukan itu apalagi uangnya bisa digunakan untuk membeli bakman 😀. sampai sekarang ia masih menjadi orang yang berhubungan dengan sampah, karena ia menjadi penggiat komoditas sampah menjadi komoditas ekspor untuk negara lain seperti cina. Selain menjadi pengumpul sampah ia juga membuat lapangan perkerjaan untuk orang lain untuk mengelolah sampah-sampah plastik menjadi biji plastik yang nantinya bisa diolah kembali. Ia juga menggait sekolah-sekolah dan para pengepul sampah untuk mengumpulkan sampah-sampah plasti
dari pemateri yang kedua ini dare jadi dapat pelajaran, melihat masalah itu bisa dijadikan sebuah peluang dan juga bisa  berguna untuk orang lain. Seperti ini ia memperkerjakan orang lain yang juga berguna untuk mengurangi tingkat pengangguran dan mengurangi tingkat sampah yang jadi masalah dalam lingkungan.
  

Deny Sofian, S. Hut Canopy Center,  Pengiat Eotourism di kalimantan Barat 
 Nah dari pemateri yang ini mata dare jadi segar liat pemandangan alam  danau sentarum yang indah dari video – video yang ia sampaikan  saat menyampaikan materi. Ia menunjukan untuk membuat orang asing tertarik dan memulai untuk usaha itu tidak perlu dari hal yang ribet. Bisa mulai dari yang hal simple dengan memanfaatkan keindahan alam dan menariknya dari budaya yang ada di daerah.

suasana saat seminar
senang bisa mengikuti seminar ini, walaupun bukan niat dari awal buat ikut sih. Tapi dengan mengikuti lebih membuka hati lagi untuk bisa ikut serta dalam kegiatan ekonomi apalagi yang bisa berguna untuk orang lain seperti mengurangi angka pengangguran.  
 

 

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *