Kuliner,  tentang Pontianak

Kabar Baik Akhirnya Ada Bakmie Kepiting Halal Khas Pontianak

Kabar Baik Akhirnya Ada Bakmie Kepiting Halal Khas Pontianak– Tahun 2019 hampir berganti saat ini mulai terjadi musim hujan di Kota Pontianak setelah lama menanti hujan ditengah kabut asap yang menyelimuti kota ini. Nah ngomongin tentang hujan nih teman, hujan biasanya identik dengan kebiasaan tiduran, makan dan gegalauan sambil nangis ingat mantan *eh. Pada postingan ini kita gak akan ngebahas tentang galau-galauan ya teman apalagi mantan hehe, postingan dare mecin kali ini mau ngebahas tentang makanan. Nah makanan ini pastinya sangat cocok buat kamu nikmati dikala hujan seperti ini dan makanan ini merupakan salah satu kuliner yang wajib dicari saat mengunjungi kota Pontianak.
Salah satu kuliner khas kota Pontianak yang ada dalam adegan film “Aruna & Lidahnya” yang katanya membuat para penonton film ini “ngiler” dan berkeinginan untuk mencicipinya bernama bakmie kepiting. Nah gimana teman-teman pernah mendengar nama bakmi kepiting? Makanan yang  lebih di kenal sebagai salah satu Chinese Food khas yang ada di kota Pontianak, memang lebih identik dengan makanan non halal. Konon katannya mie ayam dibawa dan dipopulerkan oleh para pedagang-pedagang dari Tiongkok ke Indonesia. Bahkan di masyarakat Tionghoa yang ada di Indonesia  sendiri mie menjadi salah satu simbol kehidupan atau berumur panjang, bahkan ada namanya olahan mie panjang umur yang ada di setiap perayaan ulang tahun (wkwk dare kurang tau ini nama aslinya apa, tapi di rumah sebutannya seperti ini).


Balik lagi ngebahas tentang bakmie kepiting, kalian jangan bersedih karena tidak bisa mencicipi makanan ini. Nah ada loh bakmie kepiting yang halal untuk di konsumsi masyarakat muslim. Hal ini bukan cuman cara atau ucapan pemilik usaha yang hanya mau kamu percaya dan menarik perhatian pembeli, tapi memang telah mendapatkan label Halal yang diberikan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Nah bakmie kepiting halal khas Pontianak ini bisa kamu dapatkan dengan berkunjung di outlet bakso dan bakmie Pak usu yang alamatnya ada di jalan Putri Candramidi (Podomoro) kalau kalian tahu Pondok Ale-ale nah disitu tuh lokasinya.

Tetapi, tak sedikit orang yang menggira bakmie itu sama dengan mie Ayam, karna memang terlihat mirip. Padahal beda loh, dari penyajiannya saja sudah terlihat. Pada mie ayam penyajiannya disajikan dalam satu mangkuk mulai dari mie telor, sayuran, potongan daging ayam, pangsit hingga kuah. Jika pada Bakmi yang memang dikenal sebagai chinese food, kuah kaldu dan mangkuk yang berisi mie telur, daging ayam, kecap, heikeng, seledri, kacang kedelai, telur dadar yang di potong kecil bakso ikan, pangsit dan pada bakmi kepiting terdapat suwiran daging kepiting ataupun satu buah capit kepiting di pisahkan. Nah itu dari segi penyajiannya dari teksture mie nya sama-sama kenyal namun pada bakmi ukuran mienya lebih kecil dan pipih dibandingkan mie ayam. nah gimana? udah paham belum beda antara mie ayam dan bakmie ada dimananya??

Mahal tidak menu bakmie kepiting di bakso dan bakmie Pak Usu ?

Menurut dare nih ya teman-teman harganya termasuk terjangkau jika dibandingkan dengan bakmie kepiting di tempat lain di Pontianak dan bahkan info harga bakmie kepiting yang ada di Jakarta yang rata-rata harganya kisaran Rp. 50.000-100.00. Kalian bisa cek cek harga bakmie kepiting dan menu lainnya di restoran Pak Usu via aplikasi yang bisa kamu download di Play Store, klik “disini”, atau kamu bisa saja mencari langsung nama aplikasnya ” Ayam Pak USU”. Nah ini harga bakmie kepiting dari informasi harga yang dare dapatkan di informasi:

  • Bakmie Kepiting Rp 25.000 (suwiran daging kepiting tanpa capit)
  • Bakmie Kepiting Spesial Rp 33.000 (dengan capit kepiting).

Gimana, gimana harganya bikin ngiler? ayo ayo buruan cobain, mau pergi dengan teman, doi, mantan atau calon mertua sangat direkomendasi nih teman. ehem atau mau ajak dare mecin juga boleh, boleh banget malah (*maunya hehe).


Ngomong-ngomongin tentang aplikasinya pak usu nih, rasa nya ada yang kurang kalau tidak di bahas sedikit. Jadi di aplikasi ini ada pemberian poin yang bisa kamu gunakan dalam transaksi dan tak bisa di uangkan. Nah poin ini sendiri memiliki masa berlaku penggunaan yang akan berakhir setiap akhir tahun. Oh ya aplikasi ini fungsinya hanya bersifat pemberi informasi dan bukan layanan untuk mengorder menu. Penggunaan poin untuk transaksi, minimal sebesar 10.000 Poin (berlaku untuk kelipatan) dan maksimal penukaran poin dalam satu kali transaksi ialah sebesar 200.000 poin. Untuk mendapatkan poin, setiap poin dengan jumlah transaksi Rp 50.000,- akan mendapatkan 5000 poin. Nah keterangan mendapatkan poinnya, yaitu:

  • Rp 50.000 – Rp 99.999 = 5.000 poin
  • Rp 100.000 – Rp 149.999 = 10.000 poin
  • Rp 150.000 – Rp 199.999 = 15.000 poin
  • Rp 200.000 – Rp 249.999 = 20.000 poin
  • Rp 250.000 – Rp 299.999 = 25.000 poin (dan seterusnya)

Syarat dan Ketentuan Aplikasi Ayam Pak Usu dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Pengalaman Makan di Bakso dan BakmiW Pak Usu Podomoro?

Pelayanan disini sangat ramah menurut dare, tidak hanya di tunjukan oleh ibu yenna yang selaku pemilik usaha ini . Juga di tunjukan oleh para karyawannya. Senyum ramah pelayan yang menyambut setiap pelanggan di pintu masuk membuat para pelanggan khususnya dare jika mendapatkan sambutan yang ramah seperti ini merasa senang. Selanjutnya selama beberapa jam berada di salah satu outlet ini, kami melihat langsung proses pembuat bakmi yang ternyata di olah sendiri oleh karyawan di ayam pak usu. Tidak hanya produk bakmie tapi juga produk lain nya. Nah salah satunya ini nih Oops banana yang merupakan salah satu produk dari Pak Usu yang diolah sendiri pastinya.

Dalam proses pembuatan Bakmie, dare ada membuat sedikit video singkat yang ada di youtube dan bisa kalian lihat dengan cara langsung aja klik video diatas.  Jangan lupa di lihat ya gaes.

Setelah semua proses pembuatan bakmie kepiting di tunjukan kami dipersilahkan untuk mencicipi bakmie kepiting masing-masing. Nah Rasa kenyal mi telur dengan kuah kaldu yang gurih ini memang sangat mengoda lidah teman-teman, belum lagi rasa toping bakmie seperti hikeng ikan, telur, ayam kecap, kacang kedelai, bakso ikan dan pastinya suwiran daging kepiting yang basah dengan kaldu bakmi yang bingung dare deskripsikan satu satu, intinya ENAKKKKK dah (duh dare jadi ngiler sendiri nuliskan ini, mana lagi hujan sekarang hihi).

Nah dari suasana tempat makan atau restoran bakso dan bakmie Pak usu ini cukup enak dengan tampilan yang bersih, tempatnya luas bisa ajak keluarga, komunitas atau teman se geng (*eh) makan ramai-ramai disini. Penyajian makanan nya juga termasuk cepat, yang pastinya untuk kamu yang mencari tempat makan untuk berwisata kuliner khas Kalimantan Barat khususnya makanan berkuah sejenis bakso dan bakmi atau kepengen mencicipi Bakmi kepiting namun lumayan sulit mencari bakmi kepiting yang berlabel halal?. Nah kamu wajib kunjungi Bakso dan Bakmi Pak Usu yang ada dijalan Putri Candramidi (podomoro) ini.

Selain menuliskan postingan terkait Bakmie Kepiting Halal di Pontianak dare juga ada bahas terkait salah satu kuliner khas Pontianak yang menjadi salah satu menu yang sering di konsumsi masyarakat di kota Pontianak dan juga memiliki manfaat kesehatan yang sangat banyak. Postingan tersebut terkait kuliner yang Mie sagu Khas Pontianak yang bisa kalian baca “disini

Terakhir deh nih teman-teman, jangan lupa hadiri Pontianak Creative Festival Kuliner 2019 yang akan dilaksanakan mulai tanggal 16-20 Oktober 2019 di halaman Parkiran Ayani Megamaal Pontianak. Nantinya bakanan ada banyak kuliner daerah khas kota Pontianak dan Festival Kuliner tahun ini bertemakan ” Harmonisasi Budaya Dalam Citarasa Kuliner Bakmie Kepiting & Mie Sagu Khas Kalimantan Barat”. Selain adanya festival kuliner kegiatan yang juga berdekatan dengan Hari Ulang Tahun Kota Pontianak yang ke 248 tahun ini juga di meriahkan dengan musik dari para musisi di kota Pontianak, ada Art Gallery, Bazar buku literasi Kalimantan Barat, Sharing Session, creative workshop dan games serta lomba menarik selama acara ini berlangsung

 

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *