Informasi

Mengenal Perencanaan Keuangan Anak Muda

Mengenal Perencanaan Keuangan Anak Muda-Usia muda menjadi masa dalam kehidupan dimana kamu bisa bebas mengekspresikan dan mencoba segala sesuatu sesuatu yang ada. Namun anak muda seringkali mengabaikan pentingnya memiliki perencanaan keuangan.

Dampak dari tidak disiplin mengatur keuangan yang tidak langsung terasa saat kamu berada diusia muda menjadi penyebab belum memikirkan perencanaan keuangan yang baik.

Lalu, bagaimana melakukan perencanaan keuangan? 

Mengapa perencanaan keuangan anak muda itu penting? Berikut informasinya!

Mengenal apa itu rencana keuangan?

Rencana keuangan adalah kegiatan dimana kamu melakukan pengalokasian dana dari penghasilan yang diperoleh satu bulan untuk memenuhi kebutuhan.

Jack kapoor (2004) mengungkapkan perencanaan keuangan pribadi merupakan suatu proses  perencanaan keuangan individu untuk mencapai kepuasan ekonomi pribadi. Mengatur rencana keuangan akan membantu kamu untuk lebih dewasa dalam menyikapi mana yang merupakan prioritas dan mana yang tidak dalam menggunakan uang.

Anak muda umumnya belum memiliki rencana keuangan yang baik. Contoh perencanaan keuangan yang dimiliki anak muda yang salah ialah tidak membiasakan diri untuk menabung.

Hal ini dikarenakan anak muda cenderung memiliki gaya hidup konsumtif seperti mengikuti trend yang ada. Sehingga tak jarang meskipun masih berusia muda telah memiliki cicilan kredit yang menumpuk. Selain itu anak muda juga sangat mudah merasa puas dengan penghasilan yang didapatnya.

Bagaimana memulai perencanaan keuangan?

Perencanaan keuangan bukan hanya terkait menabung, investasi atau rencana hari tua saja. Namun perencanaan keuangan juga terkait bagaimana cara kita menghabiskan uang.

Berikut langkah-langkah perencanaan keuangan yang bisa kamu lakukan sebagai anak muda.

Buat List Kebutuhan Biaya yang Akan Dikeluarkan

Manfaat dari membuat list kebutuhan akan membantu kamu menentukan total anggaran yang akan dikeluarkan. Membuat anggaran akan membantu kamu lebih dewasa dalam menggunakan uang sehingga tidak terjadi salah langkah dalam membelanjakan uang.

Untuk itu kamu harus mulai membuat pertanyaan perencanaan keuangan dan mencatatnya dengan jelas, seperti kebutuhan apa saja yang menjadi prioritas dan selalu dibutuhkan.

Disiplin Menabung  dari Penghasilan Bulanan

Meskipun memiliki biaya kebutuhan yang besar, kita tetap harus menyisihkan pendapatan sekitar 10-20% dari gaji untuk ditabung. Cara efektif dalam menabung adalah langsung menyisihkan uangnya setelah menerima gaji.

Konsisten menabung hingga memiliki dana darurat yang bisa menghidupi digunakan hingga 6 bulan kedepan. Langkah ini juga dapat melatih kamu untuk kompromi terhadap pengeluaran yang tidak perlu.

Investasi  dan Proteksi Kesehatan untuk Masa Depan

Banyak anak muda yang masih takut dan tidak mau berinvestasi dimasa muda. Padahal kesempatan berinvestasi dari usia muda akan lebih panjang dan hasilnya akan cukup jadi tabungan pensiun.

Tak hanya investasi anak muda umumnya belum memperhatikan kemungkinan terburuk yang terjadi terkait kesehatannya. Sebanyak apapun kamu menabung dan mempersiapkan dana darurat. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan akan mengganggu keuangan kamu. Maka dari itu asuransi kesehatan sangat dibutuhkan.

Demikian informasi singkat mengenai perencanaan keuangan anak muda yang bisa kamu terapkan. Dalam kehidupan pastinya akan banyak kebutuhan yang perlu dikeluarkan. Namun kamu harus bijak dalam membuat perencanaan keuangan yang baik dan menentukan mana hal yang merupakan prioritas dan tidak. Saat berusia muda maka masih banyak kemungkinan menemukan peluang yang ada.

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *