tentang Pontianak

Mie Sagu Khas Pontianak, Kuliner Sehat yang Wajib Dicoba

Mie Sagu Khas Pontianak, Kuliner Sehat yang Wajib Dicoba- Cuaca di Kota Pontianak akhir-akhir ini terutama pada saat sore hari sering turun hujan. Seperti pada saat sore selasa hari ini, kebiasaan lupa terutama lupa membawa mantel menjadi masalah yang merepotkan diri sendiri yang akhirnya membuat dare ndak bisa kemana-mana karna kejebak hujan. Sambil menunggu hujan sedikit reda dare mulai browsing mencari terkait diet untuk anak autis. Nah ada yang menarik karna salah satu bahan makanan yang disarankan adalah tepung sagu. Bukannya reda hujan malah turun semakin derasnya, seolah menggoda seseorang yang tak bisa keluar padahal ia sangat ingin pulang. Dasar perut, kalau dingin malah mengingat makanan dare jadi keingat tentang mie sagu. Dulu, setiap sore biasanya bakalan ada ibu ibu yang jualan sambil memegang termos yang berisi mie sagu yan di tangan sebelah kanan dan keranjang kecil berisi botol kecap, botol cabe, toples ikan teri dan toples yang berisi kacang.
Waduh, hujan dan tidak ada teman untuk berbincang memang suka membuat seseorang mengingat hal-hal yang telah lalu. Padahal ibu-ibu sudah tidak berjualan keliling lagi. Mie sagu dengan kuah kaldu yang aromanya khas ini memang menjadi salah satu kuliner khas kota Pontianak. Oh ya dare mau cerita nih beberapa waktu yang lalu dare dan teman-teman blogger Pontianak di ajak menikmati Mie sagu yang menjadi ciri khas kota ini di Bakso dan Bakmi Pak Usu. Loh .. loh.. loh.. kok namanya Bakso dan Bakmi ada mie sagunya. Nah mie sagu merupakan salah satu menu baru yang ada di Bakso dan Bakmi Pak Usu. Salah satu restoran yang selalu mengangkat dan mengenalkan makanan khas di Kota Khatulistiwa ini memang wajib dikunjungi terutama buat kamu yang paling senang atau memiliki hoby wisata kuliner.

Mie sagu itu apa sih?

Mie sagu khas  Pontianak sendiri merupakan salah satu kuliner yang di bawa oleh suku melayu ke Kota Pontianak. Makanan yang sudah ada sejak dulu dan dijadikan sebagai salah satu makanan saat sarapan atau saat sore hari di kala hujan ini memang sudah ada sejak dulu dulu. Bahkan di sebuah acara seperti syukuran tak jarang kalau kalian menemukan makanan ini. Seperti namanya yaitu mie sagu, mie ini terbuat dari tepung sagu. Sagu sendiri jika di daerah wilayah timur Indonesia dijadikan sebagai makanan pokok yang dikonsumsi sehari-hari. Sama di wilayah timur Indonesia, kalimantan juga memiliki banyak sekali pohon-pohon sagu. Sehingga tak heran, di Pontianak juga memiliki makanan khas yang diolah dari sagu.

Perbedaan Mie sagu khas Pontianak dan Mie sagu daerah lain?

Sama-sama makanan khas yang dibawa oleh suku melayu, ada mie sagu yang dimasak kering atau di goreng. Nah dari sini terdapat perbedaan cara penyajiannya jika pada mie sagu goreng mienya disajikan secara kering tanpa kuah dan di goreng dengan kecap sedangkan pada mie sagu khas Pontianak. Mie sagu disajikan dengan kuah kaldu yang gurih dan juga kecambah serta ditaburi dengan kacang tanah ikan teri /ebi.

Harus kemana jika lagi pengen makan mie sagu yang jadi kuliner khas kota Pontianak ini?

Untuk kamu yang jadi mau mencicipi mie sagu kamu bisa mengunjungi outlet Bakso dan Bakmi Pak usu yang alamatnya ada di jalan Putri Candramidi (Podomoro) tepatnya di ex Pondok Ale-ale. Untuk waktunya sendiri bakso dan bakmi Pak Usu ini buka mulaiu pukul 10 pagi hingga pukul 10 malam.

Harga Mie sagu khas Pontianak yang bisa kamu temukan di bakso dan bakmi Pak usu ?

Untuk satu mangkuk Mie sagu dengan kecambah dan taburan kacang tanah, ikan teri dan daun kucai kamu cukup mengeluarkan uang seharga Rp 10.000,-. Sangat murah bukan untuk makan di sebuah tempat makan yang juga bisa di sebut sebagai restoran ini. Oh ya teman-teman jika kalian ingin mengetahui informasi harga produk-produk makanan yang disediakan oleh Pak Usu kalian bisa melihatnya secara online via aplikasi di playstore “Ayam Pak Usu”. Jadi di aplikasi ini ada pemberian poin yang bisa kamu gunakan dalam transaksi dan tak bisa di uangkan. Nah poin ini sendiri memiliki masa berlaku penggunaan yang akan berakhir setiap akhir tahun. Oh ya aplikasi ini fungsinya hanya bersifat pemberi informasi dan bukan layanan untuk mengorder menu. Penggunaan poin untuk transaksi, minimal sebesar 10.000 Poin (berlaku untuk kelipatan) dan maksimal penukaran poin dalam satu kali transaksi ialah sebesar 200.000 poin. Untuk mendapatkan poin, setiap poin dengan jumlah transaksi Rp 50.000,- akan mendapatkan 5000 poin. Nah keterangan mendapatkan poinnya, yaitu:
Rp 50.000 – Rp 99.999 = 5.000 poin
Rp 100.000 – Rp 149.999 = 10.000 poin
Rp 150.000 – Rp 199.999 = 15.000 poin
Rp 200.000 – Rp 249.999 = 20.000 poin
Rp 250.000 – Rp 299.999 = 25.000 poin (dan seterusnya)
Syarat dan Ketentuan Aplikasi Ayam Pak Usu dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Untuk mendownload aplikasi ini bisa kalian ikuti via link “disini”.

Manfaat mengkonsumsi mie sagu?

Masyarakat Indonesia secara umum mungkin masih sangat jarang mengkonsumsi bahan-bahan makanan yang terbuat dari tepung sagu. Adapun mie sagu atau makanan lainnya yang terbuat dari sagu memiliki manfaat bagi kesehatan seperti sebagai berikut:
-Sumber energi karena kandungan karbohidrat yang sangat banyak. Karbohidrat memang sangat dibutuhkan oleh tubuh guna mengisi energi dalam tubuh dengan meningkatkan produksi glukosamin alami dalam tubuh.
– Mencegah darah tinggi, sagu mengandung potasium yang dipercaya bisa meningkatkan sirkulasi darah dan membantu penderita hipertensi agar darahnya tidak kembali.
– Meningkatkan kesehatan tulang dan sendi, selain karbohidrat sagu juga mengandung mineral dan zat besi lainnya yang membantu dalam perbaikan tulang dan persendian dengan membantu tubuh meningkatkan produksiglukosamin alami
– Membantu meredakan panas saat seseorang demam, Sagu dapat menenangkan tubuh dengan mengendalikan produksi empedu.
– Memperlancar sistem pencernaan , sagu juga sangat disarankan untuk dikonsumsi orang-orang yang memiliki masalah terhadap sistem pencernaanya seperti sembelit, meningkatnya asam lambung kembung dan lain lainnya. Sagu meningkatkan produksi enzim pencernaan dan pergerakan usus secara keseluruhan dengan melindungi usus sehingga tidak kering dan memberikan efek dingin dalam perut.

Apakah Mie Sagu di Bakso dan Bakmi Pak Usu boleh dikonsumsi anak penderita Autis?

Sagu terutama tepung sagu termasuk dalam makanan yang disarankan dalam diet yang di lakukan oleh anak autis seperti yang sudah dare singgung diawal postingan ini. Untuk sedikit informasi anak yang menderita autis sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung gluten dan casein yang umumnya banyak terdapat di dalam tepung terigu, susu, makanan yang mengandung manis berlebih lainnya. Saat anak anak penderita autis mengkonsumsi makanan yang mengandung gluten dan casein maka mereka akan mengalami gangguan pencernaan dan menghasilkan prilaku yang berlebih atau tidak bisa di control bisa di bayangkan seperti pengaruh obat-obatan terlarang yang membuat penggunaanya kehilangan kendali akan dirinya begitu juga makanan yang mengandung gluten dan casein.
Kalau pertanyaannya Mie sagu di Bakso dan Bakmi Pak Usu boleh dikonsumsi anak penderita Autis? Dare tidak berani menyuarakan dengan pasti kalau ini boleh dikonsumsi, menurut pendapat dare mecin untuk mengajak anak anda untuk mengkonsumsi ini boleh. Karna setahu dare semua bahan masakan di bakso dan bakmi Pak Usu diolah sendiri jadinya tidak perlu khawatir akan kuah kaldu mie sagu yang dibuat secara instan atau kemasan. Hanya saja untuk taburan ikan teri dan kacang tanah dare sarankan untuk bunda singkirkan dan jangan ditambahkan kecap kedalam mie sagu ini. Meskipun begitu jika bunda tetap ragu ada baiknya hal ini di konsultasikan dengan guru, terapis atau dokter anak anda terlebih dahulu. apakah boleh atau tidak untuk mengkonsumsi ini.

Postingan terkait salah satu kuliner khas kota Pontianak yaitu Bakmie Kepiting

Oh ya teman-teman dare juga ada membuat postingan terkait salah satu menu yang juga ada di Bakso dan Bakmi Pak Usu dan juga review pribadi terkait tempat ini. Yaitu Bakmie Kepiting Halal Khas Pontianak yang bisa kamu baca dengan mengklik tulisan “Disini

So jangan lupa di baca di ……


Satu lagi jangan lupa hadiri Pontianak Creative Festival Kuliner 2019 yang akan dilaksanakan mulai tanggal 16-20 Oktober 2019 di halaman Parkiran Ayani Megamaal Pontianak. Nantinya bakanan ada banyak kuliner daerah khas kota Pontianak dan Festival Kuliner tahun ini bertemakan ” Harmonisasi Budaya Dalam Citarasa Kuliner Bakmie Kepiting & Mie Sagu Khas Kalimantan Barat”. Selain adanya festival kuliner kegiatan yang juga berdekatan dengan Hari Ulang Tahun Kota Pontianak yang ke 248 tahun ini juga di meriahkan dengan musik dari para musisi di kota Pontianak, ada Art Gallery, Bazar buku literasi Kalimantan Barat, Sharing Session, creative workshop dan games serta lomba menarik selama acara ini berlangsung

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *