Uncategorized

Ngobrol Tempo Kenali Manfaat Ekonomi Fintech Lending

Di saat ini, perkembangan teknologi bukanlah menjadi hal asing bagi masyarakat. Bahkan perkembangan teknologi modern di saat ini mempengaruhi kegiatan sehari-hari masyarakat, tidak hanya di gunakan sebagai media sosial kegiatan sehari-hari lainnya seperti kegiatan transaksi jual beli barang atau jasa melalui media online, bekerja, dan bahkan saat ini untuk kamu yang ingin mencari dana untuk membuka usaha atau untuk berinventasi modal yang kamu punya kamu bisa melakukan simpan pinjam secara online. Nah, kegiatan simpan dan meminjam uang secara online ini dikenal dengan istilah Fintech Peer to Peer Lending.

Fintech lending ini memang masih asing di sebagian masyarakat, padahal fintech lending di perkenalkan di Indonesia sejak dua tahun yang lalu. Bahkan fintech lending malah dikenal sebagai sesuatu yang menakutkan dan lebih baik di hindari untuk melakukan peminjaman uang. Padahal Fintech lending dapat menjadi sistem yang baik untuk kita atau orang-orang yang ingin mengembangkan usaha namun terbentur masalah dana. Mengapa hal yang dianggap harusnya dihindari malah menjadi hal baik untuk para pelaku pengembang usaha? Nih kali ini dare mecin akan tuliskan tentang apa itu Fintech Lending dalam postingan ini, dimana pada hari Rabu tanggal 10 juli 2019 dare mengikuti talkshow ngobrol tempo tentang manfaat ekonomi fintech lending di gedung UMKM Cente Pontianak. Kota Pontianak menjadi kota ketiga sebagai tempat pelaksanaan kegiatan ini. Setelah sebelumnya telah di laksanakan di kota Solo dan semarang.

Apa Itu Fintech lending?

Fintech lending adalah kegiatan peminjaman uang kepada individu yang saling tidak mempunyai hubungan tanpa perantara keuangan tradisional seperti bank atau lain sebagainya. Pada kegiatanb fintech lending ini seseorang kreditur/lender akan bebas memilih siapa orang yang ingin ia beri pinjaman (debittur/borrower) .Pinjaman ini dilakukan secara online setelah masyarakat melengkapi data yang dibutuhkan, diproses sesuai prosedur yang ada lalu dalam waktu yang tidak terlalu lama si peminjam bisa mendapatkan dana sesuai dengan yang telah di ajukan.

Hal-hal yang harus di perhatikan sebelum melakukan pinjaman online!

1. Bertransaksi dengan platform yang legal
2. Pinjamlah sesuai kebutuhan dan kemampuan membayar
3. kamu harus menentukan tujuan dari peminjaman uang dan untuk dikembangkan sebagai apa
4. Pastikan anda mengerti mengenai keuntungan, biaya, bunga jangka waktu, denda dan resiko terhadap melakukan peminjaman.

Bapak Walikota Pontianak turut hadir dalam kegiatan ini selaku keynote speaker

Cara mengetahui kita meminjam di platform legal atau tidak?

Sebelum kamu mengetahui cara mengetahui kalau platform yang kita kunjungi itu legal atau tidak, kamu harus mengetahui bahaya dari fintech lending yang ilegal. Fintech ilegal dapat menyalahgunakan data yang kamu, karna platform dari fintech ilegal ini bisa mengakses seluruh kontak, kamera, galeri foto dan lain-lain. Yah seperti contoh yang mudah ialah photo pribadimu bisa saja terakses dan disebarkan.
ciri-ciri Fintech lending ialah syarat dan proses peminjaman sangat mudah, kantor dan pengelola tidak jelas dan sengaja disamarkan keberadaannya, bunga dan denda sangat tinggi dan terkadang tidak transparan, dan melakukan penagihan online secara kasar dan mempermalukan peminjam melalui nomor handphone yang telah mereka akses. Gimana ? berniat untuk mencoba fintech yang ilegal ? hehe

Nah di Indonesia sendiri saat ini ada 113 fintech lending yang legal da 6 diantaranya menjalankan berbasis syariah. Kamu bisa mengecek perizinan dari platform fintech yang akan kamu pinjam dananya di ojk.go.id. Perusahaan atau fintech ilegal tidak pernah mendaftar ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK), karena OJK memiliki aturan yang jelas dan transparan yang harus terpenuhi. Seperti contohnya fintech lending harus memberikan pinjaman jangka cepat dengan bunga tidak lebih dari 0,5%, membatasi adanya biaya biaya yang di luar batas dan lain-lain.

keempat narasumber dalam kegiatan ini.

Nah udah pada tahu kan mengapa fintech lending itu di takuti, itu karena adanya fintech lending ilegal yang ada di luar dari pengawasan OJK dan bersifat seperti rentenir online. Fintech lending ini juga sangar berguna bagi masyarakat karena dengan proses peminjaman yang sangat cepat bisa membantu kamu yang ingin melakukan usaha dan membutuhkan modal yang cepat karena uang yang cair cepat dan tidak banyak memerlukan waktu dan menyulitkan.

Selain membantu dana cair dengan cepat kamu bisa juga melakukan kredit online karena fintech lending ada juga yang berbentuk e-commerce,seperti salah satunya Akulaku jadi kamu bisa mengkredit barang yang bisa menopang usaha kamu dan cepat dalam prosesnya.
Semoga informasi ini bermanfaat ya 🙂 sampai jumpa di postingan selanjutnya :).Semangat membuka usaha..

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *