Uncategorized

Nulis Bareng Spesial Hari Blogger Nasional, Kenapa Saya Menjadi Blogger?

Istilah blogger mungkin sudah tidak asing lagi didengar saat ini. Menurut survey yang di lakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJI) pada tahun 2018 penggunaan internet di Indonesia mencapai 62 juta orang atau sekitar 24,23% dari jumlah seluruh penduduk di Indonesia. Jumlah blogger di Indonesia diperkirakan sekitar 30% dari jumlah penggunaan internet yang ada saat itu. Blogger Indonesia memiliki hari peringatan yang diperingati sebagai Hari Blogger Nasional yang diperingati setiap tanggal 27 oktober di setiap tahunnya.


Dare kutip dari situs tirto.id yang menyatakan tentang sejarah peringatan hari blogger nasional di Indonesia. Hari Blogger Nasional pertama kali direncakan pada tanggal 27 Oktober 2007 oleh Muhammad Nuh yang saat itu menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Semenjak saat itu setiap tanggal yang sama selalu di peringati sebagai Hari Blogger Nasional. Nah ditahun ini Komunitas Blogger Pontianak melaksanakan kegiatan kumpul bareng rutinitas yang biasa disebut kegiatan Kopdar bulanan Komunitas Blogger Pontianak sekaligus memperingati hari blogger nasional.


Nah dalam kopdar ini kami diajak untuk menulis atau membuat postiingan bersama terkait apa sih yang menjadi alasan, kami menjadi seorang blogger? Ngomongin alasan menjadi blogger. Dare sudah mulai mengenal blog dan memulai aktivitas blogging semenjak smp Dimana saat itu tepatnnya kelas 3 SMP (sekitaran tahun 2011/2012) dare diberi tugas oleh guru olahraga untuk membuat artikel tentang olahraga dan di update ke blog masing-masing. Nah semenjak kenal rasanya asik untuk terus terusan update postingan di blog hingga sekarang. Meskipun alamat blog selalu berganti dan terakhir yang selalu dare pakai hingga sekarang yaitu daremecin.com.

Kalau di tanya alasan mengapa menjadi seorang blogger, dare punya beberapa alasan yang bakalan dare tulis dibawah. Alasan dare menjadi blogger :
1. Pernah bercita-cita jadi penulis
Waktu di bangku SMA pernah mau masuk kejurusan sastra, tetapi sayangnya jurusan sastra tidak ada daerah Pontianak. Saat itu kata mamak “jadi penulis itu tidak mesti kamu harus kuliah di bidang sastra khusus, dari bidang lain juga kamu bisa sambilan menjadi penulis”. Yah, berawal dari hal tersebut lah dare jadi termotivasi untuk bisa jadi penulis meskipun tidak berkuliah di bidang sastra dan berpikir ngeblog menjadi kegiatan yang bisa membantu dare belajar untuk menulis. Hasilnya betul kata mamak, Asiknya menjadi penulis tidakmesti harus kuliah di bidang tersebut, dan menjadi mahasiswi keperawatan sambil aktif di dunia blogger menjadi hal yang kece menurut dare pribadi (hehe muji sendiri).
2. Menambah Wawasan
Dare sendiri bukan merupakan tipikal orang yang suka belajar (ups ketahuan hehe). Dengan menjadi blogger rasanya auto belajar, bahkan pengetahuan yang bukan di bidang yang kita geluti. contohnya dare bisa belajar tentang perekonomian padahal dare anak kesehatan.
3. Wadah penambah relasi
Asyik nya menjadi blogger ya ituuuu, kita bisa banyak mengenal orang-orang kece meskipun tidak sebidang dengan kita. Orang-orang kece ini menjadi motivasi dan cerita-cerita mereka kadang bisa dare ambil pelajaransendiri. Selain itu memang sudah menjadi kesenangan tersendiri bisa kenal banyak orang dandapat teman-teman baru.
4. Mendapatkan Bonus
Tak di pungkiri kegiatan ngeblog selain hoby juga sebagai sumber penghasilan uang jajan bagi dare *eh. Ya meskipun itu hanya sebagai bonus dari menulis di blog namun hal tersebut lah yang membuat tetap betah dan setia menulis di dunia blog hehe.
5. Suka Tantangan
Nah ini sebenarnya agak ngeyel alasannya haha. Dari ngeblog sendiri sebenarnya banyak hal yang dapat kita pelajari dari mulai mengenal apa itu SEO yang memusingkan, menulis sesuatu yang bukan bidang sendiri,mengatur tata letak blog supaya cantik sampai ikut lomba dan menjadi pejuang deadline(penulis didekat waktu deadline :D). Tantangan tantangan seperti itu yang membuat dare mecin sangat suka menjadi seorang blogger
Nah itulah beberapa alasan dare menjadi seorang blogger. Bagaimana dengan kalian? apa sih yang menjadi alasan teman-teman masih suka menulis atau malah baru mau memulai menjadi seorang blogger?

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *