Uncategorized

Pontianak Kota Bersinar, Apanya yang Bersinar?

Pontianak Kota Bersinar,Apanya yang Bersinar?. Ok postingan kali ini kembali menceritakan tentang Kota Pontianak. Nah saat saya bertanya kepada beberapa orang tentang  apa sih yang kalian pikirkan tentang kalimat “Pontianak Kota Bersinar”, masih banyak yang belum mengetahui kalimat yang menjadi motto kota Pontianak ini walaupun yang tahu juga tak kurang banyak. Malah ada yang bertanya kenapa disebut begitu.

Nah apanya sih yang bersinar?
Apa disana ndak ada tempat yang gelapnya?
Apa disana banyak lampunya jadinya bersinar?
Apa orang-orangnya yang bersinar? *eh

Okey kata “bersinar” itu sebenarnya merupakan singkatan dari kata-kata Bersih , Sehat,Indah, dan Ramah. Lah cuma itu ternyata? Eitss tunggu ya selain cuman kata-kata yang disingkat itu ada beberapa hal yang bisa membuat orang-orang diluar Kalbar mengingat Pontianak yang mungkin itu dapat membuat pontianak semakin bersinar , Apa aja itu? Yok kita bahas dibawah:

1.      Hantu Khas

Ingat kata “Kuntilanak” pasti ujung-ujungnya bakalan teringat dengan pontianak kan. Yah jelas meskipun itu saat ini hanya dibilang mitos tapi dipikiran masyarakat dan orang-orang luar masih begitu. bahkan saat kita menuliskan kata “pontianak” jika di pencarian gambar pasti banyak muncul penampakan kuntilanak, ntah dari mana mulai munculnya pemikiran seperti ini ya.
2.      Para anak-anak muda dan komunitas-komunitas mulai mengembangkan sayapnya
Pontianak itu dimana sih? Pertanyaan yang sering terdengar waktu aku kecil. Namun sekarang orang-orang uda mulai tau dimana pontianak itu, kenapa begitu? Mungkin kurang pengenalan terhadap orang luar. Nah saat ini nih para komunitas-komunitas  di pontianak banyak yang memiliki ide kreatif, bakat yang bagus dan lain banyak hal salah satunya yang baru-baru ini heboh yaitu ada anak pontianak yang masuk keacara final dalam ajang final pencarian bakat.
Selain itu juga dari pengenalan Kampus juga banyak yang mengundang orang luar untuk kepontianak seperti yang ada dikampus saya sendiri yang sedang melakukan beberapa agenda nasional seperti lomba dan lain-lain.
3.      Bahasa yang unik dan istilah-istilah unik dalam masyarakat Pontianak
Bahasa pontianak itu logatnya lucu kata beberapa teman saya yang diluar sana. Ya kami memiliki logat melayu tersendiri yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi ciri khas. Selain itu juga banyak istilah-istilah yang bisa dibilang unik yang di gunakan dari mulai anak balita hingga yang udah enyang datok *eh salah satunya itu adalah :
          Balak : hebat, keren dan mantap
          Bedengkang: Panas yang luar biasa
          Bale nunjukan takjub
          Gendol : bodoh, kuper dan yang buruk lainnya
Dan lainnya mau tahu lebih banyak? Cari teman orang pontianak deh ya
4.      Merupakan Kota yang terletak di garis Khatulistiwa
      Ini udah pasti pada tau kan tentang fakta ini, bahkan biasanya orang menyebut Pontianak dengan sebutan Kota Khatulistiwa. Tugu Khatulistiwa merupakan monumen yang menjadi icon kota Pontianak, Tugu ini terletak didaerah Siantan tepatnya di Jalan Khatulistiwa Pontianak Utara
5.      Makanan
Nah ngomongkan makanan nih pontianak banyak kok makanan yang terkenal salah satunya aja ya ada sotong pangkong, bingke, goreng pisang selai, es lidah buaya, chaikwe dan lain-lain
6.      Festival festival tahunan

Festival tahunan yang ada di pontianak itu ada banyak namun yang sering terdengar sampai diluar daerah pontianak itu ada cap go meh yang dirayakan setiap tahun pada beberapa minggu setelah imlek, lalu ada gawai dayak festival setelah panen padi dimana kamu bakalan banya melihat atraksi-atraksi yang dilakukan oleh orang dayak seperti tarian dan lain-lain.
Festival Meriam, udah ndak asing lagi kan festival yang ada di Pontianak setiap bulan menjelang puasa . lalu ada  festival saat titik kulminasi dimana disana penduduk banyak yang berkumpul di tugu khatulistiwa untuk melihat matahari berdiri tepat diatas kepala dan telur bisa berdiri  pada saat itu.

7.      Rumah adat

Rumah Adat di pontianak yang paling sering dikunjungi ada rumah Radank dan kraton kadariyah serta masjid Jami.

8.      Kehidupan yang aman dipontianak

Kehidupan dipontianak sudah terhitung aman sekarang masyarakat walaupun sudah terdiri dari berbeda agama sudah hidup dengan akur dan damai di kota ini. Bahkan tingkat toleransinya juga sangat tinggi.
Pontianak sendiri adalah ibu kota dari provinsi Kalimantan barat, sebuah tempat kelahiran yang belum pernah aku tinggalkan. walaupun beberapa waktu lalu orang-orang hanya sedikit mengenal tentang kota Pontianak dan yang mereka pikirkan pontianak itu masi berupa kota yang berupa hutan-hutan. semoga semakin teranglah sinar mu kota pontianak, semakin bersinar sesuai motto dari Kota Pontianak itu sendiri.  Okey sekian postingan tentang pontianak kota bersinar kali ini , postingan ini kali ini. Hayo yang belum pernah ke Pontianak yuk main-main kemari 🙂

Tulisan ini diikut dalam lomba mini SEO blogger Pontianak
yang di Sponsori oleh:
Sablon Kaos Murah

 Blogger Borneo Network

MARICI
Makanan ringan cianjur
Pemesanan : 085793343845

Bagikan :

4 thoughts on “Pontianak Kota Bersinar, Apanya yang Bersinar?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *