Uncategorized

Pontianak Menyapa Dunia, Selamat Hari jadi Kota Pontianak ke 244


Pontianak menyapa dunia. Pontianak kota yang dimana yang dimana disana aku lahir, main, sekolah trus kuliah dan tempat menetap sampai sekarang.
 Oh ya besok tanggal 23 loh .., kenapa aku tuliskan begitu karena besok itu merupakan hari jadi kota Pontianak yang ke 244 loh cie kota Pontianak ulang tahun hehe ..
Oh ya pada tahu kota Pontianak belum?
Kota yang ada sungai Kapuas nya itu kan ( benar )
Kota yang nama kotanya ada dijeruk itukan ( yap benar )
Kota yang terletak di daerah khatulistiwa itu kan ( pinter..)
Ibu kota Kalimantan Barat kan ( yap sangat pintar )
Kota yang banyak hantu kuntilanak tu kan ( ommo , harus kah ini …)

Okey lupakan kuntilanaknya , karna agak horor ya malam jumat lagi ni .., balik lagi ke hari jadi Pontianak, dalam ranngka memperingati hari jadi kota Pontianak ke 244 tahun banyak ngadain kegiatan ni diantaranya  (bisa dilihat difoto)

sumber : Pontianak Post


Kalau sudah dekat-dekat tanggal 23 begini jadi ingat waktu sma itu waktu buat cari baju kurung yang mau dipakai dan kalau dikelas anak-anak pada sibuk nyiapin barang-barang seperti manggar dan tumpeng . karena kalau setiap tanggal 23 oktober biasanya disekolah-sekolah itu ngadain lomba-lomba salah satunya lomba membuat manggar , menghias kelas dan membuat tumpeng . lalu yang paling penting pada tanggal 23 oktober itu kebanyakan orang memakai baju kurung (untuk perempuan) dan baju teluk belanga  di sekolah-sekolah dan beberapa tempat lainnya .

 
Ngomongin pontianak apa sih yang bakal kamu temui disana..

 1.    Makanan khas

Makanan khas dari pontianak tu ada banyak seperti chai kwe khas pontianak , bingke, Sotong Pangkong,tempoyak , lempok durian dan lain-lainya . ngomongin makanan aku jadi kepengen semua itu, enak semuaya sih . wajib coba ya guys kalau ke pontianak

 2. Sungai kapuas..

Sungai kapuas punya cerite..

Bile kite minum Aeknye..

Nah kan jadi nyanyi deh aku, nah uda pada tahu sungai kapuas kan pastinya πŸ™‚. Sungai terpanjang di Indonesia tempat biasanya anak-anak berenang (aku juga kadang” hihi) , transportasi, dan kegiatan lainnya 3. Tugu khatulistiwa
Tugu ini menjadi salah satu ikon wisata Kota Pontianak dan selalu dikunjungi masyarakat, khususnya wisatawan yang datang ke Kota Pontianak.Tugu Khatulistiwa berada di Jalan khatulistiwa, Pontianak Utara, Provinsi Kalimantan Barat
4.      Festival meriam

Setiap bulan- bulan puasa (ramadhan) kalau dipontianak itu jangan terkejut kalau tiba-tiba ada suara meriam berbunyi, karena setiap bulan puasa itu selalu ada meriam yang berada dipesisir sungai kapuas, puncak  acaranya itu pada malam takbiran ( kata orang pontianak) malam idul fitri. 
5. Cap Go Meh
melambangkan hari ke-15 dan hari terakhir dari masa perayaan Tahun Baru Imlek.Mungkin orang-orang diluar sana banyak yang tau Cap Go Meh itu dilaksanakan di Kota Singkawang, namun selain Singkawang di Pontianak juga ada Cap Go Mehnya loh yang tak kalah seru dari Singkawang.
Apa lagi ya?? Banyak deh yang seru-seru, Mau tahu ? main-main ke Kotaku ini yuk πŸ™‚.
Sebelum postingannya berakhir saya Dare Mecin ( Lola Prianti ) mengucapkan selamat Ulang Tahun Kota Pontianak 244 semoga menjadi Kota yang lebih bersinar lagi,lebih maju, lebih keren, lebih bersih, bebas dari asap, menjadi kota yang the best lah pokoknya πŸ™‚.

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *