Uncategorized

Serunya ikut Earth Hour Pontianak 2019

Kampanye global hemat energi menjadi hal yang tak asing sering di gaungkan di sekitar kita. Earth hour merupakan aksi yang di inisiasi oleh World Wide Fund for Nature (WWF). Kegiatan ini selalu di rayakan pada hari sabtu terakhir di bulan maret dan pada tahun 2019 malam puncak selebrasi pada hari Sabtu tanggal 30 maret. Aksi kampanye kali ini mengangkat tema #Connect2Earth. Di Pontianak kegiatan Earth Hour dipusatkan di jalan Ayani lebih tepatnya di halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat.
Kegiatan malam puncak selebrasi ini dimeriahkan oleh musik akustik, tarian traditional multi etnis, musik sape’, musikalisasi puisi dan perkusi yang di isi oleh komunitas dan penggiat seni yang ada di kota Pontianak. Selain itu acara ini juga di ramaikan oleh masyarakat, para pemuda, mahasiswa dan anggota komunitas dan organisasi yang ada di Pontianak. Dalamkegiatan ini merupakan cara dan bentuk kreatif anak muda Kalimantan Barat khususnya dalam mengkampanyekan gaya hidup hijau dan bijak dalam penggunaan energi.
Menurut I wayan bayu anggara selaku koordinator Earth Hour Pontianak mengatakan “Apa saja yang kita lakukan akan selalu terhubung ke bumi. Baik itu hal baik atau buruk semuanya akan tetap selalu berdampak ke bumi” jelas wayan dalam menjelaskan pesan dari tema #Connect2Earth yang di angkat.
Wayan berpendapat melalui aksi ini hal-hal buruk sudah banyak terasa dampak yang terjadi di dalam kehidupan kita sehari-hari seperti cuaca yang terasa semakin panas akibat adanya kenaikan suhu bumi. Suhu bumi naik terjadi akibat perilaku manusia yang kurang baik dan boros dalam menggunakan energi. Earth hour Pontianak berusaha untuk mengajak masyarakat untuk bisa melakukan satu langkah sederhana dan mudah untuk menghemat energi yakni dengan mematikan lampu dan peralatan elektronik yang tidak di pakai selamasatu jam di minggu terakhir bulan maret pada pukul 20.30-21.30 pada setiap tahunnya. Selain itu ada cara lain juga untuk menghemat energi dengan bijak menggunakan energi listrik, membawa botol air minum sendiri, menggunakan transportasi umum atau membudayakan berboncengan saat berpergian dengan kendaraan bermotor.
Selain itu dukungan dari berbagai pihak juga sangat penting dari pelaksanaan acara selebrasi Earth Hour.adapun itu dukungan dari pihak Pemerintah Kalimantan Barat baik Gubernur dan Walikota, WWF-Indonesia program Kalimantan Barat, DLH Kota Pontianak, PLN, dan para pelaku bisnis seperti Hotel Mercure, Hotel Grand Mahkota, Hotel Harris, Hotel Santika, Hotel Aston, Hotel Transera, Hotel Golden Tulip dan puluhan komunitas di Kota Pontianak turut serta mendukung malam selebrasi Earth Hour Pontianak.

Rangkaian susunan acaranya antara lain:

pemberian kata sambutan,penampilan tari tradisional

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *