kesehatan,  Uncategorized

Solusi Sakit Maag dan Kenali Lagi Penyakitnya


Solusi Sakit Maag dan Kenali Lagi Penyakitnya- Menurut data dari WHO pada tahun 2012 angka kejadian gastritis atau dyspepia atau pada masyarakat lebih di kenal dengan penyakit maag di Indonesia mencapai angka 40,8%. Dimana terdapat sekitar 274.396 kasus yang tercatat dari jumlah penduduk sebanyak 238.452.952 jiwa. Penyakit maag ini pernah menjadi penyebab kematian terbanyak kelima di tahun 2007 dengan jumlah kasus kematian sebanyak 899 orang yang meninggal dari jumlah penderita 218.873 pasien yang terdata. Sering sakit maag? apakah sudah yakin itu merupakan penyakit maag atau bukan?Nah, pembaca pada artikel kali ini kita akan mengenal tentang penyakit maag.

Sakit maag atau penyakit lambung merupakan sekumpulan gejala yang dirasakan berupa nyeri ulu hati,orang yang terserang penyakit ini biasanya sering mual, muntah, rasa penuh, dan rasa tidak nyaman. Sakit maag dapat muncul secara tiba-tiba di karenakan terjadinya suatu peradangan permukaan mukosa lambung dengan kejadian kerusakan hanya terjadi pada bagian luar saja atau dalam kedokteran dikenal pada bagian superfisial (gastritis akut) atau dengan cara bertahap atau terjadinya kejadian peradangan permukaan mukosa lambung yang bersifat menahun (gastritis kronis). Penyakit Maag pada umumnya sering mengalami kekambuhan sehingga pasien dengan penyakit ini harus berulang kali merasakan meluhan kesehatan yang sama dan harus berulang kali meminum obat yang sama. Salah satu hal yang menjadi penyebab sakit maag maag ini salah satunya adalah karena minimnya pengetahuan yang dimiliki pasien dalam mencegah kekambuhan sakit maag.

Penyebab sakit maag di pengaruhi oleh beberapa faktor yang biasanya menjadi penyebab kekambuhan sakit maag seperti terjadinya suatu keadaan yang memicu pengeluaran asam lambung yang berlebihan, dan zat eksternal yang menyebabkan iritasi dan infeksi. Hal ini menyebabkan sistem perlindungan dalam lambung mulai berkurang sehingga jika terjadinya suatu keadaan yang memicu kekambuhan sakit maag maka akan mulai menimbulkan peradangan (inflamasi). Kebiasaan yang biasa kita lakukan yang berpotensi menimbulkan kekambuhan sakit maag ialah jadwal makan yang tidak teratur, konsumsi alkohol atau kopi yang berlebih, gangguan stres, merokok, pemakaian obat penghilang nyeri dalam jangka panjang dan secara terus menerus, stres fisik. Selain itu sakit maag juga dapat dipicu oleh bakteri Helicobacter pylori sehingga berkembang menjadi sakit maag menahun.

Ciri-ciri sakit maag kambuh di mulai dengan adanya rasa atau sensasi terbakar dan perih pada bagian ulu hati atau bagian tengah perut di antara dada dan pusar. Ketika perut dalam keadaan kosong ciri-ciri ini akan terasa semakin sakit dan dapat terjadi selama beberapa menit hingga berjam-jam. Ciri-ciri sakit maag lainnya adanya rasa sakit di perut, kehilangan berat badan,tidak ingin makan,muntah-muntah,perut kembung,merasa mudah kenyang,bersendawa,rasa terbakar di dada,rasa sakit yang semakin parah ketika makan dan minum,anemia.

Sakit maag dapat menyebabkan komplikasi gangguan penyerapan vitamin B12, menyebabkan anemia pernesiosa, penyerapan besi terganggu, penyempitan daerah antrum pylorus dan apabila sakit maag kronis tidak dirawat akan menimbulkan ulkus peptik dan pendarahan pada lambung. Dimana hal ini dapat meningkatkan resiko kanker lambung, hal ini terjadi ketika penipisan dinding lambung yang terjadi secara terus menerus pada dinding lambung dan perubahan pada sel-sel di dinding lambung.

sumber google

Cara mengatasi sakit maag dapat melalui upaya peningkatan kesadaran masyarakat tentang hal- hal yang dapat menyebabkan penyakit maag dan kekambuhan dapat dicegah dengan minum obat. Selain itu kita juga dapat menanggani sendiri dirumah untuk mengurangi rasa sakit yang menyiksa. Cara mengobati sakit maag di rumah yaitu dengan beberapa cara. Pertama, dengan cara minum Air Putih. Air putih dapat menetralkan lambung dan luka lambung sehingga dapat meringankan gejala dan sakit maag. Cara yang kedua yaitu dengan cara mengunyah permen karet terutama dengan rasa mint untuk menetralkan asam lambung. Cara yang terakhir dengan mengkonsumsi makanan pene tral asam lambung seperti pepaya, pisang, air kelapa muda dan madu.Setelah mengetahui gejala sakit maag dan cara mengatasinya maka kita juga harus mengetahui pantangan sakit maag.

Pantangan sakit maag antara lain berupa prilaku pola makan yany salah dan jenis makanan yang dimakan. Pantangan pola makan yaitu makan di waktu sebelum tidur dan makan dengan makanan porsi besar. Sedangkan jenis makanan yaitu makanan berlemak, makanan olahan cepat saji yang dapat memicu sakit maag, makana yang mengandung rasa pedas, sayur mentah. Namun pantangan ini bukan berarti kita membatasi secara total makanan tersebut, ada baiknya kita mengatur makanan itu agar tidak terlalu berlebihan.

Adapun pilihan makanan untuk penyakit maag yang bisa kita pilih cukup mudah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya serat seperti sayuran dan buah buahan membantu melancarkan kerja pencernaan. Makan dalam jumlah kecil tetapi sering, dan minum air putih untuk membantu menetralkan asam lambung. Dengan upaya tersebut diharapkan prosentase gastritis menurun.

Jika di temukan ciri-ciri maag yang terlihat semakin parah, sebaiknya anda melakukan konsultasi pada dokter. Sekalipun rasa tidak nyaman akibat penyakit maag tidak begitu parah, mengambil tindakan pencegahan jauh lebih baik ketimbang mengobati. Sekian artikel tentangĀ Solusi Sakit Maag dan Kenali Lagi Penyakitnyakali ini. Semoga sehat selalu.

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *