kesehatan

Stop Menyeduh Susu Dengan Air Panas

 
stop menyeduh susu dengan air panas,
Mengapa tidak boleh menyeduh susu dengan air panas bukan nya itu hal yang biasa yang kita lakukan dalam membuat susu? nah postingan kali ini sebenarnya dare tulis dari rasa penasaran, waktu itu dosennya dare mecin pernah bilang gini siapa yang kalau dirumahnya pernah buat susu dengan air panas? nah itu bukannya memberikan vitamin tapi hanaya memberikan sekedar air putih aja bukannya susu. Wah sayang sekali kan kalau begitu dengan harga susu yang tidak murah dan harapannya ingin melengkapi kebutuhan tubuh dengan vitamin hanya sia-sia karna hal yang sepele yaitu menyeduh susu dengan air panas.

konsumsi susu di Indonesia sudah meningkat dari 7,7 liter per kapita per tahun pada tahun 2008 menjadi 11,7 liter per kapita per tahun pada tahun 2010. namun kebayangkan kalau semua nya masih melakukan  hal yang salah yaitu menyeduh susu dengan air panas. Susu memiliki banyak vitamin dan kandungan lainnya yang sangat berguna untuk tubuh seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin B1, B12, A, D dan K, kalsium,mineral dan lactoferin yang berguna dalam sistem kekebalan tubuh.  selain itu susu juga membantu menjaga jumlah kalsium dalam tulang bagi orang dewasa.

mengapa membuat susu formula dengan air biasa itu lebih baik dengan menyeduh dengan air panas,

 karena bisa merusak kandungan proteinnya.untuk menyeduh susu sebaiknya dengan air hangat yang suhunya di bawah 70 derajat celsius. selain protein kandungan vitamin lainnya juga bisa hilang karena terurai oleh suhu air mendidih yang mencapai 100 derajat celsius.

cara menyeduh susu formula yang benar,

 menyeduh susu yang baik seharusnya dengan air hangat yang panasnya tidak melebihi 70 derajat celsius, atau pun bisa juga menyeduh susu dengan air dingin. cara lain untuk menyeduh susu formula yang benar adalah menggabungkan terlebih dahulu air panas dan air dingin baru ke susu bubuk bukan dengan hal yang biasa dengan menambahkan air panas terlebih dahulu baru air dingin kedalam susu.

jangan ragu membuat susu formula tanpa air panas karna dengan cara ini juga bisa menghasilkan manfaat. efek samping minum susu dingin yang bisa didapatkan adalah mencegah rasa kantuk, dapat mengatasi kelebihan asam labung pada penderita sakit maag, dan bisa mengkontrol rasa lapar karena kandungan protein yang membuat perut tetap kenyang. Selain itu susu yang dingin dapat menyebabkan rasa nyaman dan segar bagi bayi sehingga akan lebih suka minum susu dengan sering dan banyak.

Nah sekarang uda pada tahu kan mengapa kita harus stop menyeduh susu dengan air panas, sayangkan susu yang harganya mahal-mahal jadi tak berguna karna kandungan – kandungan di dalamnya yang hilang hanya karena  membuat susu dengan air panas. Ayo ubah kebiasaan yang salah dengan kebiasaan baru yang bisa membuat tubuh lebih sehat untuk Indonesia sehat 😀 
okey sekian postingan dare mecin kali ini tentang stop menyeduh susu dengan air panas semoga bisa bermanfaat dan bisa di sebarkan ya 🙂
referensi :
detik forum
health detik
vemale
ayahbunda.com
Bagikan :

4 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *