kesehatan

Tenang Pasca Operasi Caesar dengan Penanganan yang Tepat

Mengalami kehamilan merupakan momen yang sangat penting bagi seorang wanita apalagi ketika ia menjadi seorang ibu. Tiap ibu memiliki proses persalinan impiannya masing-masing. Ada yang menginginkan untuk menjalani proses persalinan secara normal ada pula yang memilih untuk melakukan operasi caesar. Tapi, pengambilan keputusan operasi caesar seringkali juga didasari oleh keadaan yang mengharuskan seorang ibu untuk melakukan hal tersebut.

Setelah melakukan operasi caesar, seorang ibu perlu menjalani proses pemulihan pada area luka bekas operasinya. Proses ini bukanlah proses yang mudah dan sebentar meski sudah ada obat luka operasi biar cepat kering. Diperlukan juga proses perawatan luka agar proses penyembuhan bisa berjalan lebih cepat. Berikut ini beberapa cara yang bakalan dare bagiin tips nya agar perawatan luka setelah operasi caesar cepat mengalami proses penyembuhanya.

Hindari Hubungan Seks Terlebih dahulu

Baru menjalani proses persalinan namun sudah berencana untuk menambah momongan lagi? Tunggu dulu, karena pasca operasi caesar Anda perlu menjalani proses pemulihan sampai luka benar-benar sembuh. Salah satu caranya yakni dengan menghindari hubungan seks terlebih dahulu.

Hubungan seks setelah operasi caesar perlu dihindari sebab seorang ibu perlu menjalani masa nifas terlebih dahulu. Selain itu, luka juga belum sepenuhnya pulih dan bisa menjadi semakin parah apabila Anda langsung melakukan hubungan seks saat luka belum sembuh sempurna. Tunggu luka bekas operasi caesar benar-benar pulih sepenuhnya agar saat berhubungan seks Anda bisa merasa nyaman tanpa ada rasa nyeri dan luka bisa sembuh sesuai waktu yang telah diperkirakan.

Minum Air mineral lebih banyak

Tubuh manusia  mayoritas diisi oleh cairan. Ada sekitar 70% kandungan cairan dalam tubuh yang membuat sistem organ tubuh manusia berjalan lancar. Besarmya kadar cairan dalam tubuh membuat air punya peran yang penting bagi kehidupan manusia. Tak terkecuali saat proses penyembuhan luka pasca operasi caesar.

Minum air mineral lebih banyak bisa menjadi jalan yang tepat apabila Anda ingin menghasilkan ASI dengan jumlah yang lebih banyak dan lebih berkualitas. Selain itu, minum air mineral juga dipercaya mampu mempercepat proses regenerasi sel dan melakukan proses detoks racun secara alami. Minumlah air mineral sebanyak 8 gelas setiap harinya agar produksi ASI tetap lancar dan proses penyembuhan luka pasca operasi caesar bisa berjalan optimal.

Perawatan luka yang baik akan mempercepat proses pemulihan luka. Selain memperhatikan luka, beli obat muntah setelah selesai operasi di apotik terdekat juga tidak kalah penting sebagai efek samping dari proses operasi tersebut. Sehingga, Anda akan merasa nyaman dan luka juga bisa lebih cepat sembuh nantinya.

 

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *