#travel

Yuk, Simak Tips Liburan Singkat Ala Backpacker Dijamin Hemat Bujet

Tak terasa ya tahun 2019 sudah memasuki bulan 9. Jelang akhir tahun 2019 yang tersisa 3 bulan lagi, membuat seluruh masyarakat Indonesia sudah bersiap menabung dari jauh-jauh hari untuk menghabiskan malam pergantian tahun bersama kerabat terdekat. Sayangnya, sebagian dari kita masih beranggapan bahwa kegiatan liburan adalah hal mewah yang membutuhkan banyak dana. Padahal dengan mengikuti tren berlibur ala backpacker, kamu bisa mengunjungi beberapa daerah di Indonesia dengan bujet seadanya. Tidak percaya? Yuk simak tips hematnya di postingan dare di bawah ini.

sumber freepik.com

Buat Daftar Tujuan Wisata

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat merencanakan liburan adalah menetapkan tujuan kota. Misalnya kamu memilih Yogyakarta, maka kamu bisa mencari referensi selanjutnya seputar penginapan, harga tiket, kuliner populer, serta tempat wisata yang ada di kota tersebut. Buat lah daftar berisi lokasi wisata yang akan kamu kunjungi dan urutkan pula lokasi wisata itu dimulai dari yang terdekat dengan penginapan hingga terjauh.

Sharing Cost

Menurut Josefine Yaputri, seorang pakar travelling ternama mengatakan bahwa untuk menghemat bujet liburan, kamu harus menentukan terlebih dahulu siapa yang nantinya akan kamu ajak untuk travelling. Dengan menerapkan sharing cost bersama kerabat terdekat, pastinya bujet kamu jauh lebih hemat dari segi akomodasi dan transportasi. Selain itu, liburan bersama kerabat terdekat bisa jadi momen berharga yang mungkin jarang dilakukan lantaran terhalang padatnya kesibukan masing-masing.

Pesan Tiket dan Penginapan Murah

Carilah terlebih dahulu tiket termurah dengan memanfaatkan promo yang biasanya dilakukan oleh agen travel. Setelah merasa cocok dengan harga tiket, sebaiknya lakukan pembayaran segera untuk mencegah kenaikan harga di kemudian hari. Jangan lupa pula untuk memesan tiket pulang yang biasanya selalu habis menjelang selesainya musim liburan.

Selanjutnya kamu bisa beralih dengan mengecek daftar penginapan murah di beberapa aplikasi online. Bandingkan antara satu hotel dan hotel lainnya dari segi harga, lingkungan, dan fasilitas yang disediakan. Pemilihan hotel menjadi hal penting lainnya agar kamu tetap merasa nyaman selama menginap. Pilihlah hotel yang sekiranya dekat dengan tempat wisata yang akan dituju.

Membawa Persediaan Makanan

Salah satu sumber masalah dari liburan adalah seringnya jajan dan menghabiskan uang secara berlebihan. Maka dari itu, menekan bujet selama liburan bisa kamu lakukan dengan membawa persediaan makanan kering dari rumah seperti indomie, roti, maupun sereal.

Seorang ahli travelling, Farchan Noor menyarankan kepada para backpacker untuk mampu menentukan prioritas selama liburan antara makan enak atau tidur enak. Jadi kalau kamu memilih penginapan yang jauh lebih mahal, artinya kamu harus mampu menekan biaya di makanan dengan membawa persediaan memadai selama liburan.

Gunakan Tas Ransel

Tas ransel adalah pilihan tepat yang bisa kamu gunakan untuk liburan ala backpacker dibanding menggunakan koper. Selain menyulitkan, penggunaan koper bisa membuat kamu lupa diri dalam membawa perlengkapan pribadi hingga menyebabkan over bagasi. Pastikan untuk membawa pakaian yang jauh lebih simple dan praktis seperti T-shirt dan celana panjang, mengingat daya tampung ransel yang tidak terlalu besar.

Setelah membaca tips diatas, apakah kamu sudah ada gambaran mengenai kota yang akan dituju saat liburan akhir tahun nanti? Biar semakin maksimal liburannya, jangan lupa untuk menabung dari sekarang ya, agar tidak kekurangan dana saat tengah liburan. Nah, kalau masih binung dalam menentukan daerah mana yang ingin dituju, coba saja baca referensinya di laman situs https://www.cekaja.com/info/. Selamat liburan!

 

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *