tentang Pontianak

Pontianak Kota Wisata Paling Menarik di Indonesia

sumber :www.panoramio.com
 

Pontianak Kota wisata paling menarik di indonesia,

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi oleh wisatawan baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan luar. Salah satu tempat wisata Indonesia yang paling menarik untuk dikunjungi adalah kota Pontianak, kota dengan motto ” Pontianak kota bersinar” ini sebenarnya memiliki banyak sekali tempat-tempat wisata  yang indah  dan menarik. Nah berdasarkan dari berita terbaru dan informasi terbaru tentang kota Pontianak di postingan kali ini dare mecin akan membahas tempat-tempat wisata kota Pontianak, yuk disimak 🙂
Tempat wisata alam di Pontianak,

ya namanya juga Indonesia, negara yang terkenal dengan sejuta keindahan alamnya tak terkecuali dengan kota pontianak. mau tau apa saja  tempat-tempat wisata alam di kota Pontianak antara lain:

  • arboretrum sylva untan
 arboretum sylva merupakan sebuah hutan kota yang terletak di kawasan universitas Tanjung pura. tujuan adanya arboretrum ini sebenarnya untuk melestarikan plasma nutfah di kalimantan barat. arboretum ini dirawat dan dikelola oleh mahasiswa.  kalian bisa mengunjungi kawasan arboretrum ini untuk sekedar berfoto ataupun juga untuk sebagai sarana pendidikan anak-anak mengetahui jenis-jenis pengembangan pengetahuan terhadap tumbuh-tumbuhan. setiap blok pada arboretum ini terdapat tanaman-tanaman yang telah ditempelkan nama dengan ini kalian jadi bisa tahu tentang pohon-pohon apa saja yang dikembangkan disini.
  • aloevera center

sumber: jalan2.com

aloevera center, kawasan penanaman lidah buaya yang terletak di daerah Siantan. pada kawasan aloevera ini merupakan tempat wisata yang sangat menarik karna disana pemandangannya itu bagus sekali buat berfoto selain itu disana kita juga bisa melihat proses pengolahan lidah buaya yang diubah menjadi bermacam makanan seperti jelly, minuman sari lidah buaya, teh dodol dan berbagai macam makanan-makanan lainnya yang bisa diolah dari tanaman aloevera . selain bisa melihat proses pengolahanya kalian juga bisa mencicipi makanan-makanan itu juga.

wisata kuliner di Pontianak, selain wisata alam di pontianak juga banyak terdapat wisata kuliner . Terutama kuliner lokal nih teman-teman. nih dare kasik list list makanan lokal yang mudah kamu temukan di pontianak.

 
sumber : wisatapontianak.com
  • bingke berendam, kue khas pontianak ini merupakan sebuah makanan yang wajib kamu coba saat datang ke kota Pontianak. mau mencoba nya? makanan ini bisa kamu temukan di jalan-jalan imam bonjol , karena disana ada beberapa toko yang berjejer rapi menawarkan kue bingke dengan menu utamanya. Selain bingke berendam, kalian juga bisa merasakan bingke dengan varian rasa yang lain ya 🙂
  • sotong pangkong, nah ini juga merupakan makanan khas Pontianak, seperti namanya sotong pangkong maka bentuk dari makanan ini berbentuk sotong yang gepeng. kuliner ini bisa di temukan di jalan merdeka, WR. samudera ria no 577, Pontianak. makanan ini merupakan sotong kering yang di pukul/ di pangkong, yang kemudian disantap dengan kuah cabai.
  • chai kue , merupakan salah satu makanan khas yang sering di perkenalkan kepada orang luar kalimantan barat. chai sendiri berarti sayur-sayuran jadi chai kue merupakan makanan yang berisi sayur-sayuran, kucai, keladi, rebung atau bengkoang. makanan khas ini bisa ditemukan di pasaran Pontianak salah satunya yang terkenal adalah  D’bambo.
  • goreng pisang srikaya, goreng pisang  selai ini merupakan makanan yang sangat membuat lidah bergoyang. salah satu tempat goreng pisang srikaya yang enak adalah goreng pisang suka hati.

Tempat wisata malam di Pontianak . tak hanya pada siang hari wisata pada malam hari di pontianak pun tak kalah menarik kalian tetap bisa berkelana menjelajahi kota Pontianak pada saat malam hari . Selain sebagai tempat wisata malam tempat-tempat ini bisa jadi tempat nongkrong asik. untuk wisata pada nakan hari di Pontianak kalian bisa mengunjungi tempat-tempat seperti:

  • Taman Digulis Untan

 

sumber: thetanjungpuratimes.com
Seperti namanya taman digulis untan . Taman kota ini terletak pada area Universitas Tanjungpura. Sebuah pemandangan menarik yang bisa kalian dapatkan disini pada saat malam hari ia lah pemandangan air mancur dengan lampu-lampu yang menghiasinya. tempat ini juga dijadikan objek photo dan sebagai tempat kumpul pada saat malam hari ini oleh masyarakat baik itu dari komunitas ataupun masyarakat yang sekedar ingin jalan di Pontianak.

sumber: ericopieter.blogspot.com

  • Taman alun-alun kapuas
taman alun-alun kapuas , atau biasa lebih dikenal dengan sebutan korem. Korem ini merupakan tempat hiburan yang paling dikenal oleh masyarakat di Pontianak. sejak di renovasi , tempat ini jadi tempat yang wajib di datangi saat ingin jalan-jalan pada malam hari. ada pemandangan sungai pada saat malam hari, air mancur, miniatur tugu khatulistiwa, pemandangan taman yang dihiasi lampu pada malam hari dan lain-lain.
  • jl Gajahmada, jalan gajah mada pada saat malam merupakan tempat yang di sarankan untuk nongkrong pada malam hari, pada saat malam di sepanjang jalan area ini banyak terdapat tempat nongkrong disana kalian bisa ngopi-ngopi, minum air tahu, menikmati kue -kue yang terjual oleh mamang-mamang selain bisa menjadi tempat nongkrong disepanjang jalan ini bisa dilihat gedung-gedung tinggi yang cantik pada malam hari.
wisata budaya di Pontianak, sama seperti daerah daerah lainnya pontianak juga memiliki budaya yang bisa menarik perhatian masyarakat luar loh antara lainnya.
  • festival meriam karbit di Pontianak, festival ini merupakan hal yang ditunggu-tunggu setiap malam dibulan puasa. Di pesisir sepanjang sungai kapuas selalu ada tuh dipasang meriam-meriam karbit yang pada malam lebaran dijadikan sebagai puncaknya
  • festival titik kulminasi setiap,setiap tanggal 21-23 pada bulan maret dan september, wisatawan biasanya banyak mengunjungi tugu khatulistiwa. disana akan diadakan seperti pesta rakyat seperti tarian daerah, melihat fenomena telur yang bisa berdiri disana sampai melihat sinar matahari tepat diatas kepala sehingga bayangan tidak akan kelihatan .

 
sumber : www.tribunnews.com

  • cap go meh, perayaan tahunan yang sangat terkenal disingkawang ini juga terdapat di  pontianak loh. Sama seperti disingkawang perayaan ini juga menampilkan naga dan barongsai sebagai iconnya.  serta di jalanan sekitar gajahmada yang menjadi tempat  pusatnya perayaan ini dihiasi dengan lampion lampion berwarna merah kecil. Selain penampilan atraksi naga dan barongsai juga diadakan pasar kecil di area pasar hongkong.
selain tempat nongkrong , tempat wisata kuliner dan tempat wisata alam, berikutnya pada postingan ini akan disajikan rumah adat dan tempat yang paling sering dikunjungi pada saat datang ke pontianak.

 

 

  • Tugu Khatulistiwa, siapa  yang tak tahu tugu khatulistiwa?  tugu yang menjadi identitas dari kota pontianak ini merupakan tempat yang wajib dikunjungi oleh wisatawan yang sedang berkunjung. menurut informasi terbaru area sekitar tugu khatulistiwa lagi di renovasi loh, jadi ndak sabar deh menunggu selesai direnovasi pastinya akan lebih keren dan menjadi tempat wisata yang lebih menarik lagi.

 
ini salah satu pemandangan di tepian sungai kapuas di area sekitar tugu khatulistiwa.., pemandangan kayak gini nih yg buat dare mecin suka kesana *ups ketauan hihi


sumber: wisatapontianak.com

  • rumah radank, rumah yang merupakan rumah khas dari suku dayak ini  merupakan tempat favorit dan menjadi objek foto dari anak-anak muda di Pontianak.
 
  • keraton kadariyah, merupakan salah satu peninggalan kesultanan Pontianak. dengan berkunjung kesana kalian juga bisa melihat peninggalan dalam bentuk benda-benda seperti cermin, meriam, dan benda-benda bersejarah lainnya. btw ini photo pas dare mecin berkunjung ke keraton kadariyah loh ya hihi *numpang eksis

 
sumber: thetanjungpuratimes.com

  • museum, selain tempat-tempat wisata yang menarik lainnya tempat wisata yang ini menjadi studi tour kalian bisa mendapatkan pengetahuan juga kalau disana mulai dari tentang binatang-binatang khas kalimantan barat, budaya zaman dahulu, budaya di kalimantan barat, batu-batu peninggalan, miniatur rumah adat di kalimantan barat dan lain-lainnya. tempat ini juga bisa dijadikan tempat untuk berphoto pastinya yg paling penting.
sebenarnya tulisan ini hanya merangkum sedikit dari banyak tempat-tempat wisata yang ada di Pontianak. nah gimana tertarik buat  mengunjungi kota Pontianak, kota khatulistiwa dengan wisata paling menarik di Indonesia. Yuk segera kunjungi kota kami 🙂
tulisan ini dibuat dalam rangka mengikuti mini seo blog competition 2016 dengan tema  pontianak Kota wisata paling menarik di indonesia dan dalam rangka menyambut hari ulang tahun kota Pontianak yang ke 245.
tulisan ini di sponsori oleh:
Produk Oriflame @onlinekatalog

 

Bagikan :

6 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *