
Tiba-tiba jadi atlet Panahan, Gak asing ndak sih dengar kefomoan akhir akhir terutama di kalangan Gen Z yang berbondong bondong pada menjalani hidup sehat dan banyak yang tiba-tiba jadi atlet?. haha beneran hampir rata rata temen seusiaku ngadepin ini. yah kalau gak tiba tiba jadi atlet ya jadi pencinta alam.
Katanya sih katanya, ini itu sebagai fomo doang buat pelarian dari patah hati, lelah jalanin hidup dan lainnya. Tapi menurut aku kehidupan yang tiba tiba banget jadi atlet ini bukan cuman sekedar pelarian dari kehidupan yang berat. Tapi jadi langkah yang baik untuk menjalankan pola hidup yang sehat. Yang mana di antara para gen z ini udah banyak yang di usia kerja, selain kerjanya dapat, olahraganya dapat bahagianya juga dapat.
Nah aku mau sedikit cerita cerita ringan tentang cabang olahraga yang tiba-tiba ngebuat aku masuk kedunia atlet.
Mengenal Panahan
Awal mula mengenal olahraga ini tak lain dan tak bukan mengisi waktu disaat masa-masa galaunya anak muda haha. Mencoba hal baru jadi cara buat aku untuk lebih mengenal diri sendiri dan sebagai wujud cinta terhadap diri sendiri.
Sebenarnya sudah dari masa kuliah mau cobain olahraga ini, tapi karna dulu sangat malu mencoba hal baru jadinya tidak pernah terwujud. Sampai pada akhirnya ketemu kak oka yang mau pergi latihan panahan di pertengahan juli lalu. Akhirnya ikutan, dan waktu itu ikutan di komunitas panahan di kota pontianak namanya archery center club yang lapangannya terletak di tepi jalan ahmad yani kota pontianak.
Nah buat temen-temen yang mau bergabung bisa cari aja nama instagramnya archerycenterclub
Bukannya nyembuhin luka, malah nambah luka baru
awal awal mengikuti cabang olahraga ini hasilnya lebam yang besarnya sekepalan di area sikut dan jempol berdarah. Hehe luka-luka ini menyebabkan demam hampir tiga hari. Waktu itu diberi tahu kalau sampai luka berarti ada kesalahan dalam bermain panahan. Nah dari sinilah rasanya pengen lebih tahu tentang panahan.
Ternyata tuh gitu, manusia semakin luka semakin disukai penyebab lukanya. hehe rasa penasaran dengan teknik yang benar dan cara memanah yang baik tanpa luka itu masih ada sampai sekarang. Walaupun dulunya harus banyak pakai pelindung mulai dari pelindung jempol, armguard dan lain lain.
Rasa kekeluargaan di grup panahan
Ini jadi alasan utama buat seorang gen z menetap, selalu perihal lingkungan yang sehat. Nah pertama kali masuk kedalam grup panahan alhamdulillahnya ini gak dapat zonk. Benar-benar berasa masuk ketempat yang tepat.
Aku sendiri termasuk orang yang suka menggambar garis jaga jarak di setiap tempat buat gak terlalu merasa jadi bagian di suatu tempat. Tapi teman teman disini mulai dari ciwi-ciwi ambitious yang saling mendukung antara satu teman dan teman lainnya, senior yang lebih tua yang selalu mau membantu adik adik baru dalam belajar panahan, dan lingkungan yang punya vibes kekeluargaan.
Memanen pahala di setiap kali bermain panah
Banyak sekali belajar kata-kata dari teman-teman archer yang bilang di setiap sisi tarikan tali busur kita tarik disitu juga kita berharap pahala yang ada. Yak kita ketahui memanah ini termasuk olahraga sunah yang dianjurkan oleh rasullulah seperti yang disebutkan “Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah”
Dengan mengikuti sunnah Rasulullah sambil olahraga bukannya seseru itu hihi hidup sehat dapat, aktif olahraga dapat, mencari pahala dapat dan tentunya setiap olahraga terutama yang banyak melibatkan gerak kaki akan menimbulkan mood bahagia.
So gimana teman teman, apakah juga ngerasain tiba-tiba jadi atlet juga?