Home » Tips Menghadapi Picky Eater, Sulit Makan Pada Anak

Tips Menghadapi Picky Eater, Sulit Makan Pada Anak

Tumbuh kembang anak sangat menjadi momen yang membuat para orang tua terutama bunda-bunda cemas. Dimana pada saat ini banyak factor yang mempengaruhi salah satunya adalah pemberian nutrisi pada anak. Salah satu permasalahan tumbuh kembang saat ini adalah stunting yang mana pemberian makan dan nutrisi sangat mempengaruhi kondisi apakah bisa terjadi atau tidak stunting pada anak. Salah satu yang membuat nutrisi anak tidak terpenuhi adalah kondisi sulit makan pada anak.

Sulit makan pada anak menjadi hal yang tidak asing terjadi dan menjadi tantangan tersendiri untuk orang tua. Biasanya istilah untul sulit makan ini sendiri dikenal dengan picky eater. Bagaimana? Apakah teman-teman dare disini sedang memasuki sulitnya dan gemesnya menghadapi anak yang tidak mau makan? Sini sini simak artikel dare kali ini, dimana dare bakalan sedikit tips buat teman-teman agar momen makan pada anak gak jadi momen sumber stress yang ngebuat teman-teman pusing karna tips yang dare berikan adalah beberapa cara efektif yang dapat membantu anak agar mau makan.  Maka dari itu simak terus sampai habis artikel dare yang ini ya.

Ciptakan Lingkungan yang Menyenangkan

Dengan suasana dan lingkungan yang menyenangkan maka tidak terdapat beban pada saat makan Bersama. Makan bersama dalam keluarga menjadi momen penting selain untuk merekatkan hubungan keluarga juga membantu anak untuk dapat menikmati makanannya. Tak jarang anak-anak mengikuti prilaku orang tuanya. Pada saat ini tips yang dare berikan adalah hindari untuk memaksa anak makan.

Mengapa harus demikian karna saat memaksa anak untuk makan akan menimbulkan konflik dimana pada saat itu anak akan lebih sulit untuk mau makan kedepannya. Ada baiknya buatlah meja menjadi tempat yang menyenangkan dengan memperkenalkan permainan, cerita atau music yang menyenangkan pada anak agar mau untuk makan.

Berikan Pilihan Yang Sehat

Pada saat ini bisa membentuk jiwa kemandirian pada anak, teman-teman hanya perlu memberikan pilihan makanan yang sehat kepada anak anda. Mengapa hal ini penting? Karena dengan diberikan pilihan anak bisa merasa dihargai dan lebih senang untuk memakan makanan yang tersedia. Maka dari itu teman-teman harus memilihkan makanan sehat yang bisa dipilih oleh anak. Contohnya adalah sebagai berikut teman teman bisa memberikan pilian ke anak untuk memili antara apel atau jeruk sebagai cemilan sehat yang bisa dipilih oleh anak.

Libatkan Anak dalam Memasak

Anak akan merasa lebih senang jika diajak untuk melakukan peran tertentu, jadi dengan mengajak anak untuk memiliki peran dalam proses memasak akan membuat mereka merasa dan bangga akan pekerjaannya jadinya mereka akan sangat senang untuk makan. Adapaun proses masak yang bisa teman teman pilihkan adalah mencuci sayuran, mencampur bahan-bahan dan menghias hidangan. Mungkin pada proses ini harus membuat teman-teman sedikit bersabar karna akan memakan waktu yang lebih banyak dari seharusnya, tetapi ini juga akan membentuk bounding antara ibu dan anak.

Jadikan Makanan Menarik

Dengan bentuk bentuk yang unik dan menarik akan menarik rasa ingin tahu anak untuk mencicipi sebuah hidangan. Tentunya ini akan melatih teman-teman untuk lebih kreatif juga ya dalam menyajikan makanan.  Contoh dari tips yang ini adalah gunakan potingan sayuran dan buah buahan untuk membentuk gambaran sesuatu misalnya muka panda atau bentuk yang lainnya. Dengan tersajinya beragam warna dan tampilan yang unik akan lebih menarik dan mengundang selera makan pada anak.

Jangan Gunakan Makanan sebagai Hadiah atau Hukuman

Sangat dianjurkan untuk teman-teman menghindari mengaitkan makanan sebagai iming-iming hadiah ataupun hukuman. Hal ini dapat menimbulkan pemikiran anak bahwa makanan itu bukan sebagai sumber energi dan nutrisi tetapi sebagai alat untuk mendapatkan hadiah ataupun sebagai hukuman. Sehingga saat ingin melakukan sesuatu yang inginkan mereka harus merasa memakan hidangan yang tersediakan.

 

Bersabar dan Konsisten

Proses mengatasi sulit makan pada anak membutuhkan kesabaran, so dare cuman bisa berkata untuk teman-teman tetap semangat terus untuk membantu mood anak makan dan jangan putus asa jika anak tidak langsung menyukai makanan baru yang teman-teman buat. Hal ini dikarenakan terkadang anak butuh penyesuaian. Tetap terus berusaha menawarkan makanan dengan tips diatas dengan konsisten ya.

 

Sekian artikel di blog daremecin kali ini Tips Menghadapi Picky Eater, Sulit Makan Pada Anak. Semoga teman-teman yang sudah menjadi bunda ini tetap selalu konsisten dan semangat terus untuk melatih anak makan dan mencukupi kebutuhan nutrisi si anak. Semoga sehat dan bahagia selalu sampai jumpa di artikel dare selanjutnya.

 

daremecin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas